Halaman

Sabtu, 27 April 2013

Apa Arti WOTA

banyak orang yang ga tau nganggep Wota itu nama Fans JKT48. Wota itu sebenernya asal katanya dari Otaku(オタク),dulu itu konotasi-nya negatif, sering di gambarkan sebagai orang anti-sosial yang ga pernah keluar rumah, tapi seiring waktu konotasi nya berubah dan Otaku ditulis sebagai wotaku(ヲタク)(dibaca “Ootaku”) untuk membedakan dari konotasi Otaku yang dulu. Wotaku(ヲタク)juga bisa disebut wota(ヲタ)(dibaca “Oota). Definisi Otaku adalah “orang yang punya dedikasi tinggi terhadap hobby-nya”. 
Otaku adalah subculture yang umumnya mengarah pada penggemar anime dan manga (kayak gua gini maksudnya), ttapi wota juga banyak macemnya contohnya Seiyuu (voice actress) wota, Idol wota, Maid wota, Train wota (kalodi indonesia itu yang railfan gitu), Figure wota, Anime wota, dll. Nah terus muncul nama lain dari nama-nama wota tersebut. Contohnya: Anime wota -> Aniwota, Maid wota -> Maidsuki. Nah ga tau kenapa yang otaku idol ini berubah jadi wota, sebutan istilah WOTA ga cuman buat AKB48 tapi juga grup lain di jepang kayak Hey Say Jump , EXILE , Morning Musume , Duo Pink Lady dsb.




Trus Wota itu apa?


Wota itu adalah orang-orang yang mempunyai dedikasi tinggi untuk mendukung dan mengikuti perkembangan idol-idol mereka. Antusiasme dan obsesi yang mereka punya lebih tinggi dari fans.
ada wota yang buat kue ulang tahun untuk ultah Idolnya dan merayakannya sendiri. Meluk guling gambar oshi-nya sampe ga mau lepas. Dekorasi nuansa Idol di mobil ataupun kamar juga bisa digunakan sebagai contoh. Koleksi barang-barang yang berbau Idol juga bukan hal yang jarang.

Lalu gimana caranya tau saya seorang Wota?



Karena wota ini sifatnya kultural susah untuk bisa kasih klasifikasi yang akurat. Jadi yang bisa menentukan seseorang itu wota atau nggak hanya diri sendiri. Jangan percaya penilaian orang lain dan juga jangan menilai orang lain. Yang tau seberapa besar dukungan seseorang terhadap si Idol hanya orang itu sendiri. Kalau memang perasaan itu sudah masuk dalam tingkat wota maka orang itu seorang wota.


Pada dasarnya Fans atau Wota tujuannya sama, menSupport Idola kita, jadi Jangan berhenti dukung grup Idol yang kalian suka. Walaupun ada wota bukan berarti pendukung suatu grup idol itu 100% wota. Sebagai sesama penggemar kita harus co-exist dan saling menghormati.


Terus Nama fans JKT48 apa?


Untuk grup idol, pada umumnya ga ada nama khusus untuk fans. Fans ya ‘fans’. Karena itu fans JKT48 ya disebut ‘fans’. Wota pun kalau diartikan secara dasar ya ‘fans’ juga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar